Sukses

3 Komjen Calon Kuat Kapolri

Komisi Kepolisian Nasional menyatakan saat ini pihaknya sudah mengundang 9 calon Kapolri.

Siapa pengganti Jenderal Polisi Timur Pradopo sebagai Kapolri masih mengundang tanda tanya. Sejumlah nama disebut-sebut memiliki peluang mengisi posisi 'Tri Brata-1 (TB-1)', sebutan untuk kursi Kapolri.

Komisi Kepolisian Nasional menyatakan saat ini pihaknya sudah mengundang 9 calon Kapolri. Mereka memiliki pangkat Komisaris Jenderal (bintang 3) dan Inspektur Jenderal (bintang 2).

"Tapi semua calon itu belum final untuk diajukan ke Presiden. Yang baru memenuhi syarat baru 3 jenderal berpangkat Komjen. Tapi semua itu masih dibahas," kata anggota Kompolnas Edi Hasibuan, kepada Liputan6.com, Senin (22/7/2013).

Menurut Edi, pergantian kapolri juga masih belum final. Karena ada yang menyebutkan Kapolri diganti pada Agustus dan masih ada peluang juga diganti pada Januari 2014.

"Tapi pada prinsipnya, Kompolnas mendukung kapan saja Kapolri diganti Presiden. Karena itu sepenuhnya kewenangan Bapak Presiden," ujarnya.

Untuk itu, Kompolnas pun bekerjasama dengan KPK untuk memberikan informasi kekayaan yang dimiliki para kapolri itu. Termasuk meminta para calon melaporkan kekayaan terakhirnya. "Mereka semua akan dipanggil untuk lapor LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara)," jelasnya.

Berikut 9 Nama calon Kapolri yang pernah dipanggil Kompolnas adalah:

1. Kabareskrim Komjen Pol Sutarman
2. Kepala BNN Komjen Pol Anang Iskandar
3. Kalemdikpol Komjen Budi Gunawan
4. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Putut Eko Bayuseno
5. Wakabreskrim Irjen Pol Anas Yusuf
6. Kadiv Telematika Polri Irjen Tubagus Anis
7. Kepala Korlantas Mabes Polri Irjen Budi Hartanto
8. Kadivkum Mabes Polri Irjen Pol Anton Setiadi
9. Staf Ahli Kapolri Irjen Pol Badrodin Haiti

(Ary/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini