Sukses

[VIDEO] Banjir Merendam Penjaringan dan Petamburan

Banjir yang dipicu hujan deras serta meluapnya kali membuat ratusan rumah di Penjaringan Jakut dan Petamburan Jakpus terendam.

Ratusan rumah di Kelurahan Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, terendam banjir. Ketinggian banjir memaksa warga beraktivitas di tengah genangan, seperti ibu-ibu yang berbelanja sayuran. Sejumlah pelajar juga terpaksa berangkat ke sekolah dengan menerobos genangan sembari menenteng sepatu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Senin (22/7/2013) petang, banjir yang merendam kawasan ini disebabkan meluapnya Kali Angke akibat banjir kiriman dari Bogor, Jawa Barat. Hujan lokal yang mengguyur sejak semalam ikut memperparah keadaan.

Banjir juga menyebabkan menumpuknya sampah yang terbawa arus dan menumpuk di permukiman warga. "Karena air meluap, sampah ikut naik semua. Kita capek harus tiap hari membersihkan," ujar Ketua RW-01 Kelurahan Kapuk Muara, Purnomo.

Banjir yang disebabkan oleh hujan deras dan meluapnya Kanal Banjir Barat kembali melanda kawasan Petamburan, Jakarta Pusat. Pompa air yang disiapkan pemerintah untuk mengatasi banjir ternyata tidak berfungsi. Akibatnya di ketinggian air di permukiman warga masih mencapai 50 centimeter.

Akibat hujan yang tidak berhenti sejak semalam di Jakarta, kemacetan terjadi di sejumlah ruas jalan Ibukota sepanjang Senin sore. Pertemuan 2 arus kendaraan, sempitnya ruas jalan, dan tingginya volume kendaraan menjadi faktor-faktor penyebab kemacetan.

Seperti terpantau di Jalan Gatot Subroto, Semanggi, Jakarta Selatan. Arus kendaraan yang datang dari arah Slipi menuju Cawang tersendat di atas Jembatan Semanggi. Pemandangan serupa juga terjadi pada arah sebaliknya. Sedangkan di Jalan Soepomo, Tebet, Jaksel, juga terjadi kemacetan. Menumpuknya kendaraan bahkan mencapai 3 kilometer. (Ado/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.