Sukses

[VIDEO] Gunung Merapi Kini Tenang Usai Meletus Dini Hari

BPPTK Yogyakarta sendiri hingga kini masih mempertahankan status Merapi yang aktif.

Pasca-letusan yang terjadi dini hari tadi, Gunung Merapi di Yogyakarta kini sudah kembali tenang. Guguran material abu vulkanik kini sudah tak terjadi lagi. Meski begitu status Merapi tetap harus diwaspadai.

Tayangan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (22/7/2013), situasi sekitar Merapi menjelang siang hari tadi sudah kembali normal. Warga pun sudah kembali ke rumah masing-masing untuk menjalankan aktivitas seperti biasa.

Meski hujan abu menjangkau jarak lebih dari 25 kilometer, namun Pemerintah Kabupaten Sleman menganggap kejadian itu masih dalam batas kewajaran. Sementara pihak Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta hingga kini masih mempertahankan status Merapi yang aktif.

Sebelumnya, hujan abu yang melanda lereng Merapi terasa hingga ke Kota Sleman dan sekitarnya. Padahal kota ini berjarak sekitar 25 kilometer ke puncak Merapi. Debu terlihat menempel di kendaraan bermotor. Kompleks perkantoran Pemkab Sleman pun tak luput dari guyuran debu.

Guru SDN 2 Sidorejo, Klaten, Jawa Tengah ini sempat tidak membuka ruang kelas saat letusan Gunung Merapi terjadi. Tak ada pula siswa yang masuk ke sekolah karena takut dengan kondisi Gunung Merapi yang bergemuruh dan mengeluarkan abu.

Suasana serupa juga ditemui di SDN 1 Sidorejo. Siswa yang datang hanya sepertiga saja. Sebagian besar anak-anak ini tidak masuk sekolah karena sejak dini hari telah ikut orangtuanya mengungsi menjauhi Merapi. Kondisi ini sangat berbeda dengan biasanya yang meskipun Merapi 'memanas', para guru tetap memberikan pelajaran. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.