Sukses

Jokowi dan Djan Faridz Bahas 2 Rusun untuk Warga Ciliwung

Tak cuma hunian warga yang tersedia di rusun-rusun itu. Nantinya, pasar tradisional juga akan dibangun di tiap rusun.

2 Rumah susun akan kembali dibangun di atas tanah Jakarta. Kali ini giliran lahan di Pasar Rumput dan Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang bakal digarap sebagai rusun bagi warga bantaran Kali Ciliwung. Gubernur DKI Joko Widodo sudah bertemu muka dengan Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz untuk membicarakan rencana pembangunan 2 rusun ini.

"Ini diharapkan dapat menampung warga bantaran Ciliwung. Insya Allah tahun depan selesai. Kami targetkan pembangunannya 1 tahun," kata pria yang karib disapa Jokowi itu di Balaikota, Jakarta, Senin (22/7/2013).

Jokowi menuturkan, pembangunan rusun di dua lokasi milik Pemprov DKI Jakarta itu dilakukan oleh Kemenpera. Nantinya ketika pembangunan selesai, 2 rusun itu akan dihibahkan oleh Kemenpera kepada Pemprov DKI.

Melalui 2 rusun itu nantinya akan disediakan sekitar 6 ribu hunian. Masing-masing rusun terdiri dari 24 lantai untuk setiap bloknya. Tak cuma hunian warga yang tersedia di rusun-rusun itu. Nantinya, pasar tradisional juga akan dibangun di tiap rusun.

"Karena itu lahan kami, kami minta di bawahnya dipakai untuk pasar. 3 Lantai untuk pasar, lainnya untuk rusunawa. Sama, semua kami minta begitu," ujar mantan Walikota Solo itu.

Berapa harga sewa yang bakal dipungut dari penghuni rusun? Jokowi berjanji tarif sewa tak akan jauh berbeda dengan rusun-rusun lain yang telah berdiri sebelumnya.

"Ya ini bangunannya saja belum, masa urusan sewa. Tapi Paling seperti Rusun lainnya lah sekitar Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu-an, kira-kira di angka itu," ucap Jokowi. (Ndy/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.