Peraih 19 Gelar Sarjana dalam 13 Tahun Lulus S1 Cuma 1,5 Tahun

on

Welin Kusuma berhasil mengukir banyak prestasi akademik. Pria asal Makassar, Sulsel ini meraih 19 gelar sarjana dalam 13 tahun.

Dalam menggapai semua gelarnya itu, Welin mengambil kelas paralel. Yakni kuliah di beberapa universitas di Surabaya sekaligus. Setiap harinya, dari pagi sampai malam, Welin berpindah dari satu kampus ke kampus lainnya.

Selain itu, Welin berhasil menyelesaikan pendidikan Strata 1 (S1) hanya dalam waktu 1,5 tahun. Yakni Gelar S1 jurusan Administrasi Publik Universitas Terbuka Surabaya pada 2002.

"Gelar S1 tercepat Jurusan Administrasi Publik Universitas Terbuka 1,5 tahun," kata Welin dalam surat elektronik kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (22/7/2013).

Pria berusia 32 tahun ini juga sukses menyelesaikan gelar S2 Program Studi Teknik Industri Institut Teknologi Surabaya (ITS) dalam waktu 1,5 tahun.

"Gelar S2 tercepat Program Studi Teknik Industri ITS selama 1,5 tahun," sambung Welin.

Meski demikian, ada 2 program pendidikan yang Welin selesaikan dalam waktu lama. Pertama, gelar S1 dari jurusan Teknik Informatika (S.Kom) Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS) pada 2002 yang diselesaikan dalam waktu 9,5 tahun. Kedua, gelar S2 dari jurusan Program Studi Sains Manajemen Universitas Airlangga yang diselesaikan dalam waktu 5 tahun.

Tapi Welin tak pernah di-drop out karena terlalu lama menyelesaikan pendidikannya itu. Ia hanya diberi surat peringatan dari kampus.

"Saya belum pernah di-drop out. Hanya pada tahun 2011 saya pernah mendapatkan surat peringatan akan di-drop out, tetapi belum sampai di-DO karena masa studi saya melewati masa studi normal untuk 2 jurusan sekaligus, S1 Teknik Informatika STTS dan S2 Magister Sains Manajemen Universitas Airlangga," ungkap Welin.

"Waktu itu saya berpikir positif untuk tidak menyerah sehingga dapat melewati masa-masa sulit tersebut dan akhirnya saya berhasil lulus."

Kini Welin berhasil menyandang 19 gelar. Bila namanya ditulis bersama gelarnya menjadi: Welin Kusuma ST, SE, SSos, SH, SKom, SS, SAP, SStat, MT, MSM, MKn, RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, AffWM, BKP, QWP. Saat ini, Welin bekerja sebagai konsultan pajak lewat gelar BKP-nya.

Berikut daftar lengkap pendidikan yang pernah ditempuh Welin, seperti dimuat dalam blog pribadinya, Welinkusuma.blogspot.com:

Gelar pendidikan meliputi:
1. Lulusan SMAN 1 Kendari
2. Sarjana Manajemen Ekonomi (SE) besar di STIE Urip Sumoharjo, 2001
3. Sarjana Teknik (ST) Universitas Surabaya (Ubaya), 2004
4. Sarjana Hukum (SH) Universitas Airlangga 2002
5. Sarjana Administrasi Publik (S.Sos) Universitas Terbuka (UT) Surabaya, 2002
5. Sarjana Teknik Informatika (S.Kom) Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS), 2002
6. Sastra Inggris (SS) Universitas Kristen Petra, 2003
7. Sarjana Administrasi Publik (SAP)
8. Sarjana Statistik (S.Stat)
9. Magister Teknik Industri (MT) Insitut Teknologi Surabaya (ITS), 2004
10. Master Ilmu Manajemen (MSM) Universitas Airlangga (Unair)
11. Magister Notaris (MKn) Universitas Airlangga (Unair)

Gelar Profesional meliputi:
1. Perencana Keuangan Terdaftar, Indonesia (RFP-I)
2. Pengembang Merek Profesional Bersertifikat (CPBD)
3. Manajemen Produk Profesional Bersertifikat (CPPM)
4. Perencana Keuangan Bersertifikat (CFP)
5. Afiliasi manajer kekayaan (AffWM)
6. Konsultan Perpajakan Bersertifikat (BKP)
7. Perencana Keuangan Berkualitas (QWP)
8. Sumber Daya Manusia Profesional Bersertifikat (CPHR)

(Riz/Sss)

Credit Rizki Gunawan

Suka artikel ini?
Rizki Gunawan
Rizki Gunawan

  Full bio »

0 Comments