Sukses

Gempa 5,9 SR di Kedalaman 1 Km Guncang China, 22 Tewas Seketika

Kebanyakan korban jiwa dilaporkan berasal dari Min dan wilayah Zhang. Dikhawatirkan terus bertambah.

Gempa berujung maut terjadi di China, Senin (22/7/2013). Setidaknya 22 orang tewas saat lindu kuat dan dangkal mengguncang di Provinsi Gangsu di barat laut China. Jumlah korban dikhawatirkan bertambah.

Sebelumnya, situs media pemerintah, CCTV juga melaporkan, setidaknya 279 orang terluka akibat musibah ini. Kebanyakan korban jiwa dilaporkan berasal dari Min dan wilayah Zhang.

Xinhua melaporkan, gempa terjadi di Provinsi Gangsu sekitar pukul 07.45, Senin pagi waktu setempat.

Versi Biro Seismologi Provinsi Gangsu, kekuatan gempa mencapai 6,6 skala Richter. Namun, seperti dilansir CNN, Senin (22/7/2013), berdasarkan data Badan Survei Geologi AS (USGS), kekuatannya adalah 5,9 SR.

Namun, kedalaman gempa relatif dangkal, hanya sekitar 1 kilometer. Itu yang diduga menyebabkan kerusakan parah dan korban nyawa. Sementara, pusat gempa berada 13 kilometer timur Chabu, dan 177 kilometer timur-tenggara Lanzhou.

Hingga berita ini diturunkan, tremor masih dirasakan menyusul gempa dahsyat itu, demikian keterangan pemerintah Min. Sementara, penduduk lokal mengatakan bangunan dan pepohonan bergoyang sekitar 1 menit.

Sebagian wilayah China diketahui rawan gempa. Salah satu yang terbesar terjadi pada 12 Mei 2008 lalu, gempa 7,9 SR yang mengguncang Sichuan menewaskan hampir 90 ribu orang -- di antaranya hilang dan diasumsikan tewas. (Ein/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa China