Sukses

Keluar Ruang Sidang, 3 Tahanan Kejari Pasaman Barat Kabur

3 Tahanan Kejari Simpang Empat di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, kabur saat keluar dari ruang persidangan di PN Pasaman Barat.

3 Tahanan Kejaksaan Negeri Simpang Empat di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, kabur saat keluar dari ruang persidangan di Pengadilan Negeri Pasaman Barat.

"3 Tahanan yang kabur itu berinisial M dalam kasus pencurian kendaraan bermotor, S dalam kasus narkoba, serta B dalam kasus narkoba," kata Kapolda Sumbar Brigjen Pol Noer Ali di Padang, Sabtu (20/7/2013).

Menurut dia, kaburnya 3 tahanan jaksa tersebut diduga kelalaian dari petugas di Pengadilan Negeri Pasaman dalam mengawasi tahanan setelah persidangan.

"Selain itu, pihak Pengadilan Negeri Pasaman juga tidak meminta bantuan pengamanan dari pihak kepolisian dalam mengawal para tahanan," ujar Noer.

Sebaiknya, saran dia, pihak Pengadilan Negeri Pasaman berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam mengawal tahanan, baik di dalam ruang sidang maupun di luar sidang.

"Pada prinsipnya, pihak kepolisian siap untuk memberikan pelayanan untuk keamanan bersama," cetus Noer.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Syofyan Hidayat membenarkan ada 3 tahanan Kejaksaan Negeri Pasaman Barat yang kabur.

"Saya tidak tahu nama tahanan yang kabur tersebut, namun yang jelas mendapatkan informasi ada 3 tahanan kabur," kata dia.

Menurut dia, Polres Pasaman Barat siap membantu Kejaksaan Negeri Pasaman untuk menangkap 3 tahanan yang kabur tersebut. Polres Pasaman Barat menjaga daerah perbatasan untuk menangkap 3 tahanan kabur itu.

"Saya telah menyebarkan personel dari Satuan Intelkam dan Satuan Reskrim untuk menangkap 3 tahanan yang kabur itu. Kita juga melakukan razia di beberapa titik untuk menangkap 3 tahanan kabur tersebut," pungkas Syofyan. (Ant/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.