Sukses

Yuk Daftar! Ada Angkutan Gratis Pemudik Sepeda Motor

Kemenhub menyediakan 2 kapal laut besar, ditambah kapal TNI AL, armada bus 260 buah, dan truk dengan kapasitas 450 sepeda motor. Yuk daftar!

Pemerintah terus berupaya mengantisipasi kemacetan saat mudik Lebaran yang terjadi setiap tahun. Selain perbaikan sarana dan fasilitas jalan raya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menyediakan angkutan mudik gratis guna meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi saat mudik, terutama sepeda motor. Angkutan gratis itu diperuntukkan bagi tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagian Pulau Sumatra.

Khusus untuk pemudik sepeda motor, kendaraan roda dua itu akan diangkut dengan menggunakan truk. Sedangkan pengemudi dan penumpangnya naik bus.

"Hal itu bertujuan untuk membantu masyarakat, terutama pemudik yang menggunakan sepeda motor agar dapat mudik Lebaran dengan lebih aman dan nyaman. Semuanya di-cover asuransi dan segala macam," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Suroyo Alimoeso dalam dialog 'Peliknya Manajemen Mudik di Cikini, Jakarta, Sabtu (20/7/2013).

Ia menambahkan, dalam program mudik gratis tersebut, Kemenhub menyediakan 2 kapal laut berukuran besar, ditambah kapal TNI AL, serta armada bus berjumlah 260 buah, dan truk dengan kapasitas 450 sepeda motor.

"Untuk sepeda motor, Kemenhub menargetkan bisa mengangkut sebanyak 30 ribu. Sebanyak 12 ribu sepeda motor diangkut menggunakan kapal laut, 11 ribu diangkut dengan kereta api, dan sisanya diangkut dengan menggunakan truk," jelas Suroyo.

Mudik gratis tersebut akan diberlakukan untuk pemudik jurusan Cirebon, Purwokerto, Cilacap, Winosobo, Lampung, dan daerah lainnya.

"Pendaftaran sudah dibuka dari kemarin. Silahkan mendaftar dan terakhir H-4," tukas Suroyo.

Yuk daftar! (Adi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.