Sukses

SBY: Pendapatan Warga Membaik, Pemudik Lebaran Meningkat Tajam

Presiden SBY mengutarakan berbagai tindakan dan persiapan yang telah dilakukan pemerintah dalam mengantisipasi arus mudik 2013.

Sudah menjadi tradisi masyarakat melakukan mudik untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Sudah tradisi pula setiap arus mudik banyak terjadi masalah, terutama tingkat kecelakaan yang sulit ditekan. Hal ini juga menjadi perhatian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Melalui akun twitter resminya, @SBYudhoyono, Presiden mengutarakan berbagai tindakan dan persiapan yang telah dilakukan pemerintah dalam mengantisipasi arus mudik 2013. Termasuk di dalamnya fasilitas angkutan, pengaturan arus lalu lintas, penanganan kecelakaan, hingga ketersidaan BBM di berbagai SPBU.

"Kita bersyukur, karena membaiknya pendapatan masyarakat, setiap tahunnya jumlah pemudik lebaran dan kendaraannya meningkat tajam," tulisnya, Jumat (17/9/2013) malam.

Tingginya jumlah pemudik setiap tahunnya, menurut SBY, juga memberi tugas berat dari sisi pengamanan dan pelayanan. Pemerintah dalam hal ini terus berupaya agar semua hambatan dan persoalan mudik dapat diatasi. Semua itu sudah dibicarakannya bersama para pembantu Presiden pada rapat kabinet yang digelar kemarin.

"Instruksi dan penekanan saya, pada pengamanan dari kejahatan, pengaturan lalu lintas serta penyediaan transportasi darat, laut dan udara," lanjutnya.

"Pelayanan juga mencakup ketersediaan BBM, tindakan medis jika ada kecelakaan, perbaikan jalan yang rusak dan solusi untuk pusat kemacetan."

SBY juga memerintahkan seluruh petugas baik Polri, TNI, maupun petugas lainnya untuk bekerja secara efektif dan maksimal. Dirinya juga berjanji akan memantau langsung kesiapan pelaksanaan mudik 2013.

"Nanti saya akan tinjau langsung kesiapan dan pelaksanaan pengamanan dan pelayanan mudik lebaran ini. Pihak-pihak terkait persiapkan dengan baik," tandas SBY. (Don/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini