Sukses

JK Belum Tertarik Ikut Konvensi Capres Demokrat

Mantan Wapres Jusuf Kalla menegaskan tidak terlalu tertarik mengikuti konvensi penjaringan calon presiden yang digelar Partai Demokrat.

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan tidak terlalu tertarik untuk mengikuti konvensi penjaringan calon presiden yang akan digelar Partai Demokrat. Politisi senior Partai Golkar ini mengaku ingin lepas dulu dari dunia politik untuk sementara.

"Hahaha... Nggaklah, kita mau pengajian Pak TK saja," kata JK saat menghadiri acara Mengenang 40 Hari Ketua MPR Taufiq Kiemas di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (19/7/2013).

Selain itu, JK merasa aneh jika pertanyaan soal ikut atau tidak dalam konvensi Partai Demokrat ditanyakan saat ini. "Namanya belum dimulai, masa sudah ditawarin," kata JK yang menyatakan tetap berminat menjadi Presiden RI.

Seperti diberitakan sebelumnya, pekan depan Partai Demokrat akan mengumumkan susunan anggota komite konvensi penjaringan capres. Pengumuman ini nantinya akan ditindaklanjuti dengan penetapan calon-calon yang akan diundang untuk mengikuti konvensi.

Namun Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan menolak menyebutkan nama-nama yang masuk dalam keanggotaan komite konvensi. Meski demikian, Syarief membenarkan komposisi anggota komite sebagian besar berasal dari eksternal partai untuk meminimalisir anggapan miring terhadap konvensi. Jumlah anggota komite pun diperkirakan bakal bertambah menjadi 15 dari 7 orang yang direncanakan.

Sedangkan untuk calon yang akan diundang mengikuti konvensi, 4 nama disebutkan sebagai calon yang berasal dari Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono. Empat tokoh tersebut adalah mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Purn Pramono Edhie Wibowo, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Ketua DPD Irman Gusman, dan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Pati Djalal. (Ado/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini