Sukses

[VIDEO] Perbaikan Jalur Mudik Grobogan-Solo Baru 40%

Perbaikan jalur mudik Grobogan-Solo, Jawa Tengah, belum sampai setengahnya. Perbaikan diprediksi belum rampung saat arus mudik lebaran.

Perbaikan jalur mudik Pantura di Grobogan-Solo, Jawa Tengah, belum sampai setengahnya diselesaikan. Perbaikan yang diprediksi belum rampung saat arus mudik lebaran itu dikhawatirkan membuat arus mudik lebaran terganggu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Jumat (19/7/2013), proses betonisasi di 5 titik jalur mudik Grobogan-Solo di Kecamatan Geyer hingga saat ini baru mencapai 40 persen. Dengan kondisi ini kemungkinan besar perbaikan tidak akan selesai saat lebaran tiba. Arus lalu lintas lebaran mulai H-10 pun terpaksa dalam 2 arah dengan melewati bahu jalan lama yang masih rusak.

"Contohnya, Purwodadi-Geyer ada 2 paket beton yang belum selesai," kata Kasi Jalan Bina Marga Jateng Wilayah Purwodadi, Sutarto.

Perbaikan jalur mudik Jateng-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Sleman, semakin dikebut. Selain melebarkan jalan, perbaikan juga dilakukan dengan memasang pembatas jalan sepanjang 20 kilometer di jalan masuk Yogyakarta dari arah Jawa Tengah khususnya di Jalan Magelang.

"Jadi kalau nanti ada mobil atau motor yang memotong harus memutarnya di putaran balik yang kami sediakan sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas," kata Kepala Dishubkominfo Sleman, DIY, Agus Susilo Endiarto.

Selain adanya perbaikan jalan yang belum tuntas, keberadaan sejumlah pasar tumpah di Pantura berpotensi memacetkan jalan seperti Pasar Losari, Gebang, Celancang, Pasar Minggu, Palimanan, dan Pasar Sandang, Tegal Gubug. Sedang di Indramayu, Pasar Karangampel, Jatibarang, Kandanghaur dan Pasar Patrol yang berpotensi membuat macet.

"Seminggu sebelum lebaran kami usahakan hari pasar Kamis dan Sabtu tidak berjualan agar lalu lintas berjalan lancar," kata Kapolres Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, AKBP Irman Sugema.

Polres Cirebon juga sudah menyiapkan sejumlah jalur alternatif seperti jalur perempatan Bunder Susukan- Kedondong-Gintung menuju Arjawinangun guna menghindari kemacetan di Tegal Gubug. Selain itu, jalur alternatif Astanajapura-Sindanglaut-Pabuaran-Ciledug menuju arah Losari atau ke arah Jawa Tengah dari Cirebon. (Adi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini