Sukses

Bentrok Kendal Dipicu Tewasnya Warga karena Tertabrak Konvoi FPI

Warga yang tidak terima membakar mobil yang ditumpangi oleh rombongan FPI Kendal itu.

Bentrok massa di Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, dipicu tertabraknya seorang warga oleh konvoi kendaraan Front Pembela Islam (FPI). Karena tidak terima, warga kemudian membakar mobil yang ditumpangi oleh rombongan FPI.

"Ada satu warga setempat yang meninggal karena tertabrak dan penabraknya sudah kami tangkap," kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Djihartono saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Kamis (18/7/2013).

Dia menambahkan, kasus kecelakaan lalu lintas itulah yang menjadi penyebab bentrokan yang terjadi antara warga dengan rombongan FPI tersebut. Hingga akhirnya anggota FPI terkurung di dalam Masjid Sukorejo. "Sekarang sudah kami evakuasi ke Mapolres Kendal. Kami selesaikan baik-baik," tutur dia.

Djihartono mengaku belum mengetahui jumlah pasti anggota FPI yang dievakuasi itu. Tapi yang jelas, situasi di Kecamatan Sukorejo sudah mulai terkendali. "Kondisi sudah aman," ujar Djihartono.

Wakil Sekjen FPI Awit Masyhuri mengatakan, rombongan FPI Kendal itu sebenarnya hendak menuju Kabupaten Temanggung. Mereka akan memberi dukungan kepada anggota FPI Temanggung yang akan melaporkan pengepungan yang dilakukan sekelompok orang saat mereka melakukan imbauan penutupan tempat hiburan pada Rabu kemarin.

Namun, saat sampai di Kecamatan Sukorejo, rombongan FPI Kendal itu dicegat massa. Anggota FPI kemudian disuruh turun dan mobil yang mereka tumpangi dibakar massa. Anggota FPI Kendal itu kemudian terkurung di Masjid Sukorejo dan akhirnya dievakuasi ke Mapolres Kendal. (Eks/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini