Sukses

Jokowi-Ahok Tegur PD Pasar Jaya yang Sibuk Urus Properti

Pasangan pemimpin ibukota ini meminta petinggi PD Pasar Jaya untuk fokus melakukan tugas pokoknya sebagai pengontrol dan pengendali pasar.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sama-sama menegur petinggi PD Pasar Jaya. Mereka dinilai tidak fokus pada bagian pekerjaannya.

Jokowi meminta BUMD DKI itu untuk tidak mengurusi bidang properti, melainkan fokus melakukan tugas pokoknya sebagai pengontrol dan pengendali pasar.

"Ini baru kita mulai arahkan, berikan panduan. PD Pasar Jaya itu jangan kayak kemarin-kemarin ngurusin properti. Ya kan? Yang diurus cari keuntungan dari properti," ujar Jokowi di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2013).

Seharusnya, lanjut Jokowi, PD Pasar Jaya bertanggung jawab atas pendistribusian barang komoditas yang ada di pasar, mengontrol harga barang, sehingga inflasi (kenaikan harga) menurun. Dengan begitu stok sembako di semua pasar bisa tersedia. Masalah properti merupakan wewenang PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

"Ini malah kebalik-balik. Mau cari kerja yang gampang aja, kalau cari duit yang gampang. Ini kita panggil (PD Pasar Jaya). Tapi perlu kita liat nanti seperti apa," kata Mantan Walikota Surakarta itu.

Senada dengan Jokowi, Wakil Ahok juga menuding PD Pasar Jaya hanya bermain bisnis properti. "Untuk jaga stok dan fungsi PD Pasar Jaya itu sebagai pengontrol, harus tahu persis perilaku konsumen dan kebutuhan tetap (pokok)," ungkap Ahok.

"Yang ini nggak, mereka cuma main di properti, kerja sama properti. Harusnya mereka mencatat perilaku orang belanja seperti apa. Jadi kita bisa bantu menstabilkan harga." (Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini