Sukses

Usai Temani SBY, Jokowi Borong Batik

Tujuan pertama, Jokowi langsung mengunjungi stan batik Dinas Koperasi Pemerintah Kota Surakarta.

Usai menghadiri pembukaan Gelar Batik Nasional (GBN) bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berkeliling melihat-lihat area stan batik dari berbagai daerah.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (17/7/2013), setelah SBY dan rombongannya meninggalkan lokasi, Jokowi kemudian melanjutkan jalan-jalannya kembali melihat-lihat pameran batik tersebut.

Tujuan pertama, Jokowi langsung mengunjungi stan batik Dinas Koperasi Pemerintah Kota Surakarta. Di sana Jokowi sempat berbicang dengan para penjaga stan.Jokowi pun kemudian melihat-lihat batik tenun hasil karya warga Solo tersebut.

Titik, penjaga stan tampakmelayani Jokowi yang melihat-lihat batik tulis produk warga solo. Titik tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Jokowi yang menurutnya telah memajukan industri batik Solo selama menjadi Walikota Solo. "Kami bisa seperti ini karena bapak dulu memajukan," kata dia.

Setelah asik melihat-lihat beberapa kain batik, Jokowi kemudian membeli sebanyak tiga helai kain batik bermotif klasik dengan model pewarnaan daun indigo, daun mangga, dan gambir. "Pak Jokowi ambil yang motif klasik. Beliau suka yang warna-warna soft," ujar Titik penjaga stan.

Titik mengatakan, ketiga batik bermotif klasik yang dibeli oleh Jokowi itu harganya berbeda-beda. "Beda-beda, ada yang Rp 500 ribu, Rp 700 ribu dan Rp 800 ribu," kata dia.

Setelah puas berbelanja batik disana, Jokowi juga tempak menghampiri beberapa stan batik lain, seperti batik Madura, batik Purwokerto dan batik Yogyakarta. Di beberapa tempat itu, Jokowi juga membeli kain batik tulis yang menarik hatinya. "Saya beli yang warna-warna soft. Saya suka yang seperti itu," kata Jokowi. (Ary/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini