Sukses

Novel Baswedan: Pengacara Djoko Susilo Pengaruhi Saksi

Penyidik KPK Kompol Novel Baswedan membantah pihaknya melakukan tekanan terhadap sejumlah saksi yang diperiksanya di Gedung KPK.

Penyidik KPK Kompol Novel Baswedan membantah pihaknya melakukan tekanan terhadap sejumlah saksi yang diperiksanya di Gedung KPK. Menurut dia, malah kuasa hukum Djoko Susilo yang melakukan hal tersebut.

"Tidak pernah ada ancaman dan tekanan. Kalau memang beberapa saksi yang mencabut keterangan, situasinya terbalik. Bahkan, sebelumnya saksi dihubungi penasihat terdakwa (pengacara Djoko Susilo)," kata Novel saat bersaksi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (16/7/2013) malam.

Novel mengaku pihaknya memiliki bukti CCTV yang merekam seorang saksi yang pernah ditemui salah satu kuasa hukum Djoko Susilo di Hotel Peninsula.

"Salah satu saksi bahkan yang mengatakan. Ini terjadi pengaruh yang dilakukan penasihat hukum. Sehingga perlu disampaikan ke majelis hakim," ujar Novel.

Sebelumnya sejumlah saksi yang dihadirkan jaksa di pengadilan sempat mencabut berita acara pemeriksaan (BAP) di KPK. Mereka mengaku mendapat tekanan dari penyidik KPK. Namun Novel membantahnya.

"Saya kira kami tak pernah mengarahkan jawaban apa yang diperoleh. Karena saya yang periksa," tegas Novel. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.