Sukses

Jokowi: Pelayanan Satu Pintu Perlu Reformasi Total

Mengenai Rancangan Peraturan Daerah PTSP menurutnya masih dalam tahap persiapan.

Kota Administrasi Jakarta Timur merupakan pilot project Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Ibukota. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang melakukan inspeksi mendadak di kantor Walikota Jakarta Timur menilai PTSP secara fasilitas dan infrastruktur sudah cukup baik.

"Saya kira dari sisi fasilitas dan juga infrastrukturnya sudah baik. Tapi memang memerlukan sebuah reformasi total. Bukan hanya 1 atap, 1 pintu namanya, tetapi memang izin-izin yang berada di kantor-kantor, dinas, sudah diserahkan ke sini kewenangannya. Sehingga mempercepat proses pelayanan," ujar politisi PDIP yang karib disapa Jokowi ini di Kantor Walikota Jakarta Timur, Selasa (16/7/2013).

Mengenai Rancangan Peraturan Daerah tentang PTSP, menurutnya masih dalam tahap persiapan, namun secara struktural sudah jelas. Sehingga penerapan pelayanan terpadu satu pintu tetap akan dilaksanakan.

Nantinya, jelas Jokowi, semua kewenangan di setiap dinas, kantor-kantor, dan badan-badan, akan ditarik ke PTSP. Seperti P2B, UKM, Dinas Pariwisata, Dinas Sosial, dan lain sebagainya.

"PTSP jalan terus lah, ini juga baru, walaupun perdanya belum selesai. Sudah disiapkan. Sambil jalan diperbaiki lagi fasilitas-fasilitasnya. Fasilitas yang ada sudah siap, tapi saya kira masih ada yang perlu dibenahi," kata Jokowi. (Sul/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • PTSP