Sukses

Alasan Ahok Pindahkan 3 Sekolah ke Bali Mester `Demi PKL`

Para PKL di sekitar Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, akan dipindahkan ke 3 sekolah.

Para pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, akan dipindahkan ke 3 sekolah. Gedung sekolah akan dialihfungsikan menjadi pasar penampungan para PKL.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyatakan, pemindahan ini dilakukan secara bertahap, dimulai pada tahun 2014.

"Itu akan dilakukan bertahap. Mungkin tahun depan PKL itu dipindahkan ke situ (sekolah)," ujar Ahok di Balaikota, Jakarta, Senin (15/7/2013).

Dengan beralihnya fungsi bangunan sekolah, maka Ahok akan mencarikan gedung baru untuk para siswa SMPN 14, SMP Darul Mukminin, dan SDN 03.

Pemindahan ini dilakukan tak cuma untuk kepentingan PKL semata-mata. Ahok menilai, upaya Pemprov DKI ini juga akan memudahkan para siswa. Mereka tak perlu lagi belajar di gedung sekolah yang selama ini berdekatan lokasinya dengan pasar. Para siswa ini bisa berkonsentrasi tanpa harus diganggu oleh keramaian aktivitas di pasar.

"Itu ngeri juga kan, padat sekali lokasinya, ribut juga lagi sekolahnya. Kami tidak mau lagi ini terjadi," tuturnya.

Oleh karena itu, rencananya ketiga sekolah akan dipindahkan ke 2 lokasi, di sekitar Bali Mester dan Matraman. 2 Lokasi ini dipilih karena siswa dari 3 sekolah itu kebanyakan tinggal di kawasan tersebut.

"Lebih baik kami cari sekolah di sana, jadi murid-murid tidak perlu keluar waktu, dan biaya," pungkas Ahok. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini