Sukses

Polri Segera Sebar Foto-foto Napi LP Tanjung Gusta yang Kabur

Polri tetap berkoordinasi dengan Kalapas Tanjung Gusta serta Kementerian Hukum dan HAM untuk mendata para napi tersebut.

Mabes Polri akan menyebar foto-foto sekitar 125 napi LP Tanjung Gusta yang masih berkeliaran, menyusul kerusuhan yang terjadi pada Kamis 11 Juli 2013 lalu. Terutama foto 4 napi kasus terorisme yang masih buron.

"Kita terus berupaya (menangkap) yang nantinya kita umumkan disertai foto-foto para narapidana untuk memudahkan mencari napi-napi yang masih di luar," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Ronny F Sompie, Senin (15/7/2013).

Polri tetap berkoordinasi dengan Kalapas Tanjung Gusta serta Kementerian Hukum dan HAM untuk mendata para napi tersebut. Menyusul adanya perbedaan data napi yang buron pascainsiden itu. Pihaknya juga berupaya melakukan upaya persuasif.

"Ini kegiatan kemanusiaan, upaya persuasif tetap dilakukan bekerjasama dengan Kemenkumham dan jajaran, khususnya di Provinsi Sumut, baik Kanwil Kumham Provinsi dan Lapas Tanjung Gusta," imbuh Ronny.

Polri mencatat dari laporan pencarian napi yang melarikan diri dari lapas bertambah menjadi 218 dari 212 tahanan yangs sebelumnya diumumkan. Dari jumlah itu, 99 tahanan sudah ditangkap kembali.

"Sampai sekarang baru 99 orang yang bisa kembali. Rinciannya 78 ditangkap Polri, dari Polres jajaran Polda Sumut, dan Polres Aceh. Sedangkan, 21 napi menyerahkan diri ke Lapas Tanjung Gusta," imbuh Ronny.

Karena itu, Polri mengimbau napi yang buron untuk menyerahkan diri ke kantor polisi terdekat, lapas atau rutan terdekat. Pihaknya juga berkoordinasi dengan lapas Tanjug Gusta untuk memudahkan pengembalian para napi yang telah tertangkap maupun buron. Ia pun minta keluarga dan kerabat napi bisa ikut membantu.

"Kami mendata alamat, sehingga bisa kerjasama dengan keluarga, dan warga setempat yang mengenal para napi sehingga memudahkan kita untuk mengajak napi untuk kembali," tukas Ronny. (Adi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini