Sukses

Mahasiswa IMIKI Surabaya Ajari Masyarakat Melek Media

Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi yang tergabung dalam IMIKI cabang SMST mengadakan sosialisasi media literasi menyambut Hari Melek Media.

Citizen6, Surabaya: Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) cabang Surabaya, Madura, Sidoarjo dan Tuban (SMST) mengadakan kegiatan sosialisasi media literasi menyambut Hari Melek Media.

Kegiatan yang mengusung tema "Tindakan preventif dampak media" ini diselenggarakan pada Minggu 14 Juli 2013 di Desa Bringkang Oma Indah Menganti, Gresik.

Bekerjasama dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Timur, dalam hal materi literasi media, mahasiswa ilmu komunikasi yang juga berasal dari berbagai perguruan tinggi di kota Surabaya, Madura, Sidoarjo dan Tuban ini melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga.

Kegiatan sosialisasi media literasi ini, diawali dengan pembagian tim yang terdiri dari 2 orang mahasiswa. Saat melakukan kunjungan, mereka tidak hanya mengenalkan masyarakat akan dampak dari sebuah media, IMIKI SMST juga memberikan sebuah stiker yang mencantumkan nomor kontak dari KPID juga IMIKI SMST.Dengan tujuan agar masyarakat dapat sewaktu-waktu berkonsultasi maupun melaporkan hal seputar media.

Kegiatan ini mendapat apresiasi yang begitu baik dari masyarakat sekitar. Berbagai tanggapan pun terlontar dari mereka. Ibu Rois, selaku Ketua Dasawiswa Desa Bringkang Omah Indah Menganti salah satunya.

"Selama ini masyarakat masih buta akan media literasi, sedangkan masyarakat yang sadar sendiri kebingungan untuk dalam mengakses media yang kurang mendidik."

Senada dengan hal itu, Pak Amir salah satu warga juga menambahkan,"Dampak media saat ini banyak negatifnya dibanding konten-konten yang mendidik."

Hal inilah yang pada akhirnya membuat mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi yang tergabung dalam IMIKI SMST ini terketuk hatinya untuk berperan serta dalam memberikan pengertian kepada masyarakat akan dampak dari sebuah media.

Marga Bagus, selaku ketua IMIKI SMST mengatakan, "Sudah seharusnya kita sebagai mahasiswa harus ikut dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang Media Literasi. Apalagi perkembangan media saat ini begitu pesat dan juga banyak sekali kepentingan-kepentingan di dalamnya."

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan ada feedback dari masyarakat untuk lebih pro-aktif. Juga sebagai bahan masukan dan evaluasi bagi KPID serta tindak lanjut untuk IMIKI SMST sendiri, dalam menghadapi dampak pesat teknologi informasi yang sering kali ditunggangi kepentingan-kepentingan tertentu alias "politik ekonomi media" yang dirasa sudah sangat merugikan. (Imiki Birosmst/Mar)

Imiki Birosmst adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.