Sukses

[VIDEO] Harga Bahan Pokok Meroket, Cabai Tembus Rp 110 ribu/Kg

Harga cabai rawit di Pasar Palmerah saat ini menembus angka Rp 110 ribu per kilogram. Mahal!

Kebutuhan bahan pokok di beberapa pasar di Jakarta cenderung melonjak. Padahal Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mendesak Menteri Perdagangan Gita Wirjawan untuk mengatasi masalah itu.

Sementara, Menteri Gita Wirjawan mengaku upaya mengantisipasi kenaikkan harga mengalami keterlambatan karena proses perjanjian di Bulog yang memakan waktu.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Senin (15/7/2013), di pasar Palmerah Jakarta Pusat, harga cabai rawit yang beberapa waktu lalu naik menjadi Rp 30 ribu per kilo, kini terus merangkak naik. Tak tanggung-tanggung harga cabai rawit saat ini menembus angka Rp 110 ribu per kilogram.

Sementara, harga bahan pokok lainnya seperti bawang merah naik menjadi Rp 65 ribu per kilogram, harga cabe merah dari 25 ribu naik menjadi 50 ribu rupiah per kilogram.

Tak hanya harga cabai dan bawang, harga daging sapi di pasaran juga ikut merangkak naik. Harga daging sapi hingga saat ini menembus angka Rp 100 ribu per kilogramnya. Padahal harga daging sapi sebelumnya hanya mencapai Rp 50 ribu.

Lambannya pemerintah menahan laju meroketnya harga kebutuhan pokok sempat membuat berang Presiden SBY dalam rapat terbatas yang membahas kenaikkan harga pada Sabtu 13 Juli lalu.

Menanggapi teguran tersebut Menteri Perdagangan Gita Wirjawan memaparkan alasannya. Gita beralasan, gagal panen di sejumlah daerah akibat kemarau basah menjadi salah satu penyebab kenaikkan harga kebutuhan pokok itu. Untuk mengantisipasi kenaikkan harga berlangsung terus menerus, Gina berencana akan mendatangkan lebih dari empat ribu ton cabai dan bawang putih dalam jumlah bertahap dari 16 ribu ton. (Han/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini