Sukses

[VIDEO] Pesantren Pencetak Hafiz Quran di Kauman

Di saat banyak umat muslim yang masih terbata-bata membaca Al-quran, pemuda-pemuda di Pondok Pesantren Raudhatul Quran mampu menghapalnya.

Di saat banyak umat muslim yang masih terbata-bata membaca Alquran, pemuda-pemuda di Pondok Pesantren Raudhatul Quran di Kauman, Semarang, Jawa Tengah, sudah mampu menghapalnya. Bukan perkara mudah untuk menghapal ayat demi ayat pada kitab suci umat Islam ini.

Untuk itu, para santri ini harus merelakan pendidikan formal di sekolah. Tapi jangan khawatir, sejumlah keterampilan telah dibekali kepada para santri pondok pesantren yang telah didirikan sejak 1952 ini. Seperti kursus pembuatan roti, kursus komputer, dan juga kursus setir.

"Santri diwajibkan menghapal quran. Kami tidak antisekolah, tapi ada prioritas. Akan menghapal sekolah terlebih dahulu atau menghapal Quran," ujar Pengasuh Ponpes Pondok Pesantren Raudhatul Quran KH Hammat Masum kepada Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (14/7/2013).

Ada 150 santri calon hafiz (penghapal) quran yang tengah diasuh ponpes ini. Meski berpuasa, mereka tetap semangat memperbanyak hapalan qurannnya. (Ndy/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.