Sukses

Yusril Beber Alasan Gugat PP Pengetatan Remisi Koruptor

"Kalau mau ada pengetatan silakan saja, tapi UU-nya diubah dulu," kata Yusril.

Mantan Menteri Hukum dan HAM Yusril Ihza Mahendra akhirnya buka suara mengenai permohonannya ke Mahkamah Agung agar menguji PP 99 Tahun 2012 yang mengatur pengetatan remisi terhadap napi korupsi, narkoba, dan terorisme.

"Alasannya PP itu bertentangan dengan UU Pemasyarakatan," kata Yusril saat berbincang dengan Liputan6.com, Sabtu (13/7/2013).

Menurut Yusril, jika pemerintah ngotot ingin melakukan pengetatan pemberian remisi, asimilasi, pembebasan bersyarat kepada napi 3 kasus tersebut, maka pemerintah harus mengubah terlebih dahulu UU Pemasyarakatan.

"Kalau mau ada pengetatan silakan saja, tapi UU-nya diubah dulu. Supaya kita mengambil kebijakan itu harus sesuai dengan undang-undang," ujarnya.

Gugatan itu didaftarkan Yusril pada 13 Juni 2013. Yusril mendampingi narapidana korupsi Rebino dan Jumanto. Pemohon menilai PP 12/2012 itu bertentangan dengan UU Pemasyarakatan, UU Hak Asasi manusia, dan UU Pembentukan Peraturan Perundang-undangan. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini