Sukses

[VIDEO] 278 TKI Bermasalah Dipulangkan, 83 Ribu Terkatung di Arab

278 TKI Tiba di Soeta. Namun itu baru kloter pertama.

Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bermasalah telah mendapat amnesti dari kerajaan Arab Saudi pada Kamis 11 Juli malam, mereka pun tiba di Bandara Soekarno Hatta (Soeta) Tangerang, Banten. Namun itu baru kloter pertama, masih 83 ribu TKI bermasalah yang masih terkatung-katung nasibnya di Arab. Kedatangan para TKI ini disambut oleh kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat.

Liputan 6 Pagi SCTV pada Jumat (12/7/2013) menayangkan pemulangan para tenaga kerja yang didominasi wanita itu. Mereka dipulangkan secara gratis oleh Pemerintah, hingga ke tempat tinggal asalnya.

Pemerintah memulangkan sebanyak 278 TKI overstayer atau bermasalah. Dengan dikawal petugas imigrasi serta Kementerian Luar Negeri, mereka tiba di terminal 2 Bandara Soekarno Hatta.

Mereka dipulangkan setelah sebelumnya kerajaan Arab Saudi memberikan pengampunan kepada warga negera asing, yang bekerja atau bermukim di negara tersebut secara ilegal.

Selain itu, kepulangan mereka juga tidak menggunakan paspor, melainkan menggunakan surat perjalanan laksana pasport (SPLP) yang dikeluarkan oleh pihak Imigrasi Indonesia. SPLP dapat digunakan sebagai surat sementara perjalanan menuju negara asal.

Berdasarkan data BNP2TKI, terdapat setidaknya 83 ribu TKI bermasalah yang masih terkatung-katung nasibnya di Arab Saudi, dan 278 TKI yang pulang saat ini merupakan kloter pertama. Sehingga pemulangan akan berlanjut hingga November mendatang.

Usai dilakukan pendataan, para TKI itu kemudian diangkut dengan menggunakan bus yang disediakan pemerintah untuk dipulangkan kembali ke kampung halamannya masing-masing. (Yog)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.