Sukses

[VIDEO] Lihat Hilal Tanpa Alat, Jamaah Syatariyah Puasa Kamis

Jamaah pengikut ajaran Syatariyah di Medan, Sumatra Utara, baru berpuasa Kamis ini.

Meski pemerintah menetapkan 1 Ramadan jatuh pada Rabu 10 Juli kemarin, namun jamaah pengikut ajaran Syatariyah di Medan, Sumatra Utara, baru berpuasa hari ini. Padahal sebagian besar masyarakat sudah menjalankan hari ke-2 puasanya.

Bedanya Ramadan Jamaah Syatariyah ini dikarenakan hilal atau bulan baru terlihat Rabu petang 10 Juli kemarin. Sehingga mereka berkeyakinan, 1 Ramadan baru jatuh pada Kamis 11 Juli ini.

Mereka pun melaksanakan salat tarawih perdananya pada Rabu malam di salah satu masjid pengikut Syatariyah, yakni Masjid Bhakti di Jalan Panglima Denai, Medan, Sumut, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (11/7/2013).

Jamaah ini mengharamkan melihat hilal dengan alat bantu. Tata cara ini juga dilakukan untuk menentukan Lebaran Idul Fitri pada 1 Syawal, serta Hari Raya Qurban nanti.

Saat ini 3 ribu penganut Syatariyah di Medan dan sekitarnya berjumlah sekitar yang didominasi warga Sumatra Barat. Ajaran Syatariyah awalnya dibawa dari Pariaman oleh Syaikh Burhanuddin Ulakan. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini