Sukses

[VIDEO] Meski Direnovasi, Masjidil Haram Tetap Dipadati Jamaah

Dengan mengenakan baju Ihram, mereka membaca Al Quran, melaksanakan shalat 5 waktu, dan ibadah sunah menunggu waktu berbuka.

Meski sedang ada renovasi perluasan, puluhan ribu umat muslim tetap memadati Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi. Mereka sengaja datang terutama untuk menunaikan umroh di bulan Ramadhan 1434 Hijriah.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Rabu (10/7/2013), Masjidil Haram di setiap Ramadan semakin dipadati para peziarah yang ingin beribadah selama puasa dengan harapan meraih pahala berkali lipat dibandingkan ibadah di tempat lain.

Dengan mengenakan baju Ihram, mereka membaca Al Quran, melaksanakan shalat 5 waktu dan ibadah sunah lain. Aktivitas itu dikerjakan para jamaah masjid sambil menunggu waktu berbuka. Yang berbeda dengan umroh tahun ini, kepadatan para jamaah beribadah dalam keadaan Masjidil Haram tengah direnovasi.

Renovasi area tawaf membuat daya tampung jamaah menjadi 35 ribu saja per jam, meski sudah ditambahkan jalur tawaf sementara. Walau pun jatah jamaah umrah selama Ramadan ini sudah dipangkas hingga 50 persen berdesakan antar jamaah tak terhindarkan. Terlebih, di saat cuaca lebih teduh.

Kondisi berjejalan yang rentan memicu musibah inilah yang membuat pemerintah Arab Saudi mengurangi kuota Haji selama masa perbaikan hingga 3 tahun ke depan. Tahun ini jamaah haji dikurangi hingga seperlimanya atau sekitar 20 persen. (Adi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini