Sukses

Hari Pertama Puasa, 36.880 PNS DKI Libur

Hari pertama puasa, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI mencatat dari 73.645 PNS di kalangan Pemrov DKI, ada 36.972 orang tak masuk kerja.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI mencatat sebanyak 36.972 dari 73.645 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kalangan pemerintah provinsi DKI tidak hadir di hari pertama puasa.

"24 Orang di antaranya izin sakit, 6 orang izin dengan berbagai alasan, 61 orang cuti, dan 1 tanpa keterangan," ujar Kepala Bidang Pembinaan Pegawai, Slamet, di Balaikota Jakarta, Rabu (10/7/2013).

Lalu bagaimana dengan sisanya? Sebanyak 36.880 orang tercatat dalam masa libur. Sebagian besar dari jumlah tersebut merupakan guru-guru yang sedang libur sekolah dan selebihnya adalah pegawai rumah sakit yang mendapatkan shift malam. Sehingga absensinya tidak terekam di pagi hari.

"Ini secara umum ya. Ini data per pukul 11.00 WIB pagi tadi. Tidak ada rekap yang terlambat," kata Slamet.

Kepada PNS yang sering mangkir, BKD DKI akan memberikan sanksi, yaitu dengan memotong Tunjangan Kinerja Daerah (TKD). Namun, berlaku sebaliknya kepada PNS yang rajin masuk kerja.

Selain itu, sesuai dengan PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, PNS yang 5 kali berturut-turut tak hadir tanpa keterangan akan diberi teguran hingga penundaan kenaikan pangkat. (Ali/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • PNS merupakan kependekan dari Pegawai Negeri Sipil.

    PNS