Sukses

[VIDEO] Ditipu Ratusan Juta, Belasan Muslim Rohingya Tidur di LBH

LBH Jakarta berharap pemerintah Indonesia dapat memberikan perlindungan bagi para pengungsi muslim Rohingya yang kabur dari negaranya.

Belasan muslim Rohingya, Myanmar, mengalami penipuan dan terlantar di Indonesia. Mereka kini berlindung di kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta. Para pengungsi berharap bantuan dari negara Indonesia untuk dapat membawa mereka ke Australia.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (10/7/2013), 18 warga Myanmar yang terdiri dari 4 lelaki dewasa, 6 wanita dewasa dan 7 anak kecil mengungsi di kantor LBH Jakarta. Kondisi mereka sangat memprihatinkan, lantaran mereka merupakan warga muslim Rohingya yang selalu mendapat intimidasi dan kekerasan di negara Myanmar.

Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk lari dari negaranya. Negara yang menjadi tujuan mereka adalah Australia, tetapi ketika baru sampai di Indonesia mereka malah ditipu oleh orang yang akan membawa mereka ke Australia.

Uang sebesar Rp 124 juta raib dibawa kabur pelaku dan langsung meninggalkan para pengungsi begitu saja. Untuk kebutuhan hidup saat ini, mereka hanya mengandalkan bantuan dari orang lain karena mereka sudah tidak mempunyai uang lagi.

Ketua LBH Jakarta, Febyonesta menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi dengan UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees) mengenai proses penentuan status dan akan memberi pendampingan hukum bagi mereka.

LBH Jakarta juga berharap agar pemerintah Indonesia dapat memberikan perlindungan bagi para pengungsi muslim Rohingya yang kabur dari negaranya. (Adm/Mut)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini