Sukses

Siswa SMK Indonesia Raih Emas di Kompetisi Keterampilan Dunia

Delegasi Indonesia berhasil mempersembahkan medali emas pertama pada ajang Kompetisi Keterampilan Dunia ke-42 di Kota Leipzig, Jerman.

Delegasi Indonesia berhasil mempersembahkan medali emas pertama pada ajang Kompetisi Keterampilan Dunia ke-42 atau 42nd Worldskills Competition Leipzig 2013 di Kota Leipzig, Jerman pada 2-7 Juli kemarin. 32 Peserta yang dikirimkan Indonesia berkompetisi pada 30 bidang lomba dari total 46 bidang yang dilombakan.

"Indonesia mengantongi 2 medali yaitu satu medali emas bidang Graphic Design Technology yang diperoleh Ganjar Satrio dari SMKN 3 Kasian-Bantul dan satu medali perak bidang Prototype Modeling yang diperoleh Andrie Safargi, dan 8 Medalion for Excellence," kata Sesditjen Dikmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Mustaghfirin Amin, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Selasa (9/7/2013).

Dengan perolehan tersebut, lanjutnya, secara umum Indonesia menempati peringkat 21 dari 47 negara yang mengikuti WSC ke-42. Indonesia memberangkatkan 32 siswa SMK dari seluruh pelosok negeri untuk mengikuti ajang yang diselenggarakan Worldskills International (WSI) tersebut.

"WSC dilaksanakan setiap 2 tahun sekali di negara pelaksana yang telah ditetapkan berdasarkan kesepakatan para anggota WSI diwakili oleh Official Delegate (OD)," tuturnya.

Bidang yang diperlombakan, kata Amin, di antaranya mobile robotic, mechanical engineering design, web design, industrial control, pastry cook, cooking, beauty therapy, dan hairdressing.

Tahun ini merupakan ke-5 kalinya bagi Indonesia ikut serta dalam ajang WSC. Sebanyak 32 siswa SMK yang di delegasikan mewakili 32 bidang kompetisi dari total 46 bidang yang dilombakan. 32 siswa peserta WSC merupakan hasil seleksi Lomba Keterampilan Siswa (LKS) yang telah mendapat pelatihan selama 6 bulan di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Malang, Jawa Timur.

"Semoga diajang WSC dan ajang international lainnya dimasa mendatang SMK semakin Berjaya," tandas Amin. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini