Sukses

Tarawih Pertama, Jokowi Salat di Masjid Bergang Sempit

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo melaksanakan salat tarawih berjamaah pertamanya tahun ini di sebuah gang sempit.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo melaksanakan salat tarawih berjamaah pertamanya tahun ini di sebuah gang sempit. Pria yang karib disapa Jokowi itu salat di Masjid At-Tawakal, Jalan Anyer Gang 15, RT 02/9 kelurahan Menteng, Jakarta Pusat, ditemani sang istri, Iriana.

Pantauan Liputan6.com, dengan menggunakan baju koko putih dan berpeci hitam, Jokowi tiba di lokasi sebelum azan Isya berkumandang pada pukul 19.00 WIB. Untuk menuju ke masjid tersebut, Jokowi terlebih dahulu menyusuri gang sempit sejauh 100 meter.

Kedatangan Jokowi ke kampung Anyelir tersebut menarik perhatian warga sekitar yang juga akan menunaikan salat Tarawih di masjid yang saat ini kondisinya sedang dalam pembangunan tersebut. Kondisi masjid masih tampat belum sempurna, bahkan masih banyak puing-puing berserakan.

Setibanya di masjid, Jokowi langsung mengambil posisi shaf terdepan. Jamaah masjid yang melihatnya pun tampak kaget dan menyalami Jokowi yang kehadirannya tidak diduga.

Setelah azan berkumandang, Jokowi pun terlebih dahulu menunaikan salat sunah dua rakaat terlebih dahulu yang kemudian dilanjutkan dengan salat Isya dan salat Tarawih berjamaah di masjid yang kondisinya belum memiliki kubah dan masih beratapkan seng tersebut.

Bersama dengan sekitar 100 jamaah masjid, Jokowi kemudian menunaikan ibadah salat Tarawih dengan jumlah rakaat sebanyak 8 dan salat witir 3 rakaat. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tarawih merupakan salat sunah pada malam hari yang dilaksanaman sesudah Isya atau sebelum subuh pada bulan Ramadan (puasa).

    tarawih

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • Menurut ahli bahasa Sansekerta, upawasa bermakna ritual untuk “masuk” ke Yang Ilahi.

    puasa