Sukses

Salat Tarawih di Istiqlal Dihadiri 10 Ribu Jamaah

Pengurus Masjid Istiqlal mengimbau agar para jamaah tertib dan tidak menggunakan perhiasa mencolok agar ibadah tertib.

Berdasarkan Sidang Isbat yang digelar di Kementerian Agama, Senin 8 Juni 2013 kemarin, menetapkan puasa Ramadan 1434 H jatuh pada Rabu 10 Juli 2013 besok. Dengan demikian, malam ini merupakan malam pertama bagi umat muslim untuk menjalankan salat tarawih. Seperti halnya yang diadakan di Masjid Istiqlal Jakarta.

Sekretaris Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI), Subandi memprediksi sebanyak 10 ribu jamaah akan melaksanakan salat tarawih pertama di masjid terbesar di Asia Tenggara itu.

"Kami sudah siap dan malam ini kita menggelar tarawih pertama. Jadi nanti insya Allah akan hadir sekitar 10 ribu jamaah kurang lebih," kata Subandi di Jakarta, Selasa (9/7/2013).

Ia menjelaskan salat Tarawih di Masjid Istiqlal ini nantinya akan digelar dengan 2 gelombang. Yakni, gelombang pertama bagi para jamaah yang hanya salat sebanyak 11 rakaat, dan selanjutnya dilanjutkan dengan gelombang ke 2 sebanyak 23 rakaat. Hal itu dilakukan untuk menghormati dan menghargai bagi para jamaah yang menggelar shalat tarawih sebanyak 11 rakaat.

"Tarawih di Istiqlal itu ada 2 gelombang gelombang yang pertama 11 rakaat dan gelombang kedua 23 rakaat. Jadi untuk menghargai dan menghormati bagi yang menjalankan salat tarawih 11 rakaat," jelas Subandi.

Karena itu ia mengimbau kepada para jamaah dan masyarakat muslim yang ingin salat tarawih di Masjid Istiqlal untuk menjaga ketertiban agar bisa khusuk. Para jamaah juga dihimbau tidak membawa perhiasan yang mencolok demi keamanan.

"Disarankan kepada masyarakat yang akan salat tarawih di Istiqlal tentunya datang dengan kesiapan yang cukup artinya sudah wudu dari rumah dan tertib. Dan insya Allah keamanan akan terjaga," tukas Subandi. (Adi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini