Sukses

Menteri Agama Buka Tarawih Pertama di Masjid Istiqlal

Selasa 9 Juli malam merupakan malam pertama bagi masyarakat muslim Indonesia menggelar salat tarawih, sesuai dengan ketetapan pemerintah.

Berdasarkan ketetapan pemerintah bahwa bulan puasa atau 1 Ramadan 1434 H jatuh Rabu 10 Juli 2013, maka Selasa 9 Juli malam ini merupakan malam pertama bagi sebagian besar masyarakat muslim Indonesia menggelar salat tarawih. Seperti yang salah satunya akan diselenggarakan oleh Masjid Istiqlal Jakarta.

"Insya Allah yang memberikan sambutan karena ini tarawih pertama maka Menteri Agama," kata Sekretaris Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI), H Subandi saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (9/7/2013).

Lebih lanjut, Subandi juga menjelaskan pihaknya memprediksi akan ada 10 ribu jamaah yang akan melaksanakan salat tarawih pertama di Masjid Istiqlal. "Kami sudah siap, dan nanti malam kami menggelar tarawih pertama," kata dia.

Subandi menambahkan, dalam salat tarawih di Masjid Istiqlal nantinya akan digelar 2 gelombang. Gelombang pertama akan dilaksanakan sebanyak 11 rakaat dan gelombang kedua itu 23 rakaat. "Jadi itu untuk menghargai dan menghormati bagi yang menjalankan salat tarawih 11 rakaat," jelasnya.

Karena itu, ia juga mengimbau kepada para jamaah dan masyarakat muslim yang ingin salat di Masjid Istiqlal untuk menjaga ketertiban demi berlangsungnya ibadah dengan khusyuk. Dan diimbau kepada jamaah untuk tidak membawa perhiasan yang mencolok demi keamanan bersama.

"Disarankan kepada masyarakat yang akan salat tarawih di Istiqlal, tentunya datang dengan kesiapan yang cukup. Artinya sudah wudhu dari rumah dan tertib. Insya Allah keamanan akan terjaga," tukas Bandi. (Tnt/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini