Sukses

Tarawih Pertama, Jokowi Salat di Masjid Kampung Pasar Rumput

Jokowi mengatakan, selama Ramadan, ia akan berkeliling masjid-masjid kampung.

Pemerintah secara resmi menentukan 1 Ramadan jatuh pada hari Rabu, 10 Juli 2013 besok. Untuk itu, nanti malam merupakan malam pertama menunaikan ibadah salat tarawih. Tak terkecuali Jokowi, Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Joko Widodo ini juga akan menunaikan ibadah salat tarawih.

Pada malam pertama salat tarawih, Jokowi akan salat berjamaah di sebuah masjid kampung di daerah sekitar Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan. "Nanti malam saya salat di masjid kampung. Di daerah Pasar Rumput," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, selama Ramadan, ia akan berkeliling masjid-masjid kampung agar dapat bertemu dengan warganya. Dari mulai buka puasa, salat magrib dan isya akan dilakukan dengan cara berkeliling kampung. "Saya akan keliling," kata dia.

Ia menjelaskan, tujuannya berkeliling masjid di kampung-kampung tersebut untuk mendekatkan dirinya dengan warga Jakarta, khususnya yang tinggal di kampung-kampung. "Ya kita kan silaturahmi saja dengan seluruh warga yang ada," kata Jokowi.

Sementara, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan mengisi hari pertama puasa akan berkeliling mengecek lokasi-lokasi penjualan takjil tersebut sekaligus ikut berbuka puasa.

"Nanti minimal ada untuk orang batalin puasalah. Nanti aku ceklah, aku keliling. Aku ikut buka puasa. Besok udah mulai keliling aku, ikut buka puasa aja. Tidak ikut sahur. Tapi siang tetap makan aku. Hahaha..." ujar Ahok sambil tertawa di Balaikota.

Selain itu, kantor lurah, camat, dan walikota juga rencananya dibuka untuk warga agar dapat dimanfaatkan sebagai tempat tarawih. Kantor SKPD tersebut dianggap memiliki gedung yang tentunya bersih dan cukup layak digunakan sebagai tempat ibadah.

"Masyarakat yang tidak punya tempat. Mau Tarawih, nggak ada ruangan. Kalau ada di kantor camat dinyalain AC, kan bagus," kata Ahok. (Ein/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan