Sukses

BMKG: Gempa Susulan Aceh Mereda dalam 2-3 Minggu

BMKG mencatat sedikitnya terjadi 88 kali lindu susulan pasca-gempa besar yang melanda Aceh, Selasa 2 Juli 2013 lalu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi 88 kali lindu susulan pasca-gempa besar yang melanda Aceh, Selasa 2 Juli 2013 lalu.

"Sampai tanggal 8 Juli telah terekam 88 gempa bumi susulan," kata Deputi Bidang Geofisika Prih Haryadi, Selasa (9/7/2013).

Aceh kembali diguncang gempa pada 2 Juli 2013. Kekuatan gempa mencapai 6,2 SR di kedalaman 10 km. Pusat gempa terjadi di jarak 35 km barat daya Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

Gempa yang terjadi masih dalam tingkat VIII MMI. Artinya, dampak gempa dapat merusak bangunan dengan konstruksi kuat. Retak pada bangunan dengan konstruksi kurang baik, dinding lepas dari rangka rumah, cerobong asap pabrik dan monumen roboh, serta air menjadi keruh.

"Gempa susulan akan mereda pada 2-3 minggu setelah gempa pertama terjadi," lanjut Haryadi.

Untuk itu, peran BMKG sangat penting dalam mengedukasi warga terutama korban gempa. Sebab, warga hanya mengetahui gempa masih berlangsung jika masih terasa guncangannya.

"Warga ini resah. Karena yang mereka tahu kalau masih goyang berati masih gempa. Padahal, gempa yang dirasakan tidak sebesar dan berangsur hilang," tandas Haryadi. (Ein/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini