Sukses

[VIDEO] Masjid Syekh Quro, Tempat Awal Penyebaran Islam di Jawa

Umur masjid ini jauh lebih tua dari masjid lain di Pulau Jawa. Didirikan tahun 1418 M.

Masjid Syekh Quro menjadi salah satu masjid bersejarah dalam perkembangan Islam di Pulau Jawa. Di masjid yang terletak di Alun-alun Karawang, Jawa Barat, inilah Islam pertama kali masuk ke Pulau Jawa.

Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (9/7/2013) memberitakan, umur masjid ini jauh lebih tua dari masjid lain di Pulau Jawa. Didirikan tahun 1418 M. Masjid ini punya sejarah panjang terhadap penyebaran Islam di Jawa, khususnya wilayah Karawang.

Ciri khas Masjid Syekh Quro ini punya 4 pilar utama di bagian dalam dan juga punya atap berupa 3 limas yang tersusun ke atas. Masing-masing bermakna iman, Islam, dan ihsan.

Di bulan Ramadan tahun ini, sejumlah kegiatan digelar di masjid ini. "Sekarang ada perlombaan adzan, juga marawis, dan juga lomba baca Alquran untuk anak-anak, remaja, dan dewasa," kata Pengurus DKM Masjid Syekh Quro Abdul Fatah Memed.

Untuk lebih lengkapnya, lihat video di bawah ini. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti serba-serbi Ramadan yang ditayangkan dalam Liputan 6 Petang SCTV. (Eks/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.