Sukses

Akses SMP 289 Diblokir Warga, Jokowi: di Jakarta Sudah Biasa

Biasanya, aksi tersebut terjadi karena sengketa.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, aksi pemblokiran akses jalan menuju gedung SMP 289, Cilincing, Jakarta Utara, sudah biasa terjadi. Biasanya, aksi tersebut terjadi karena sengketa.

"Kalau muncul kaya gini itu di Jakarta sudah biasa. Ada satu lahan diklaim 4 orang. Waktu itu dibangun diam saja. Biasanya kalau sudah ngeklaim, mereka minta itu (uang)," kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Selasa (9/7/2013).

Meski begitu, mantan Walikota Surakarta itu mengaku belum mengetahui apa penyebab pemblokiran jalan yang dilakukan oleh Ketua RW sekitar. "Diblokir karena apa, ya belum tahu, justru tanya sama yang blokir SMP-nya," katanya.

Jokowi mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan dari biro hukum terkait lahan yang menjadi penyebab diblokirnya jalan ke SMP tersebut.

"Kita sudah cek di status hukumnya," tutur Jokowi.

Dirinya juga berencana melakukan pemeriksaan terhadap gedung SMPN 289 di Cilincing Jakarta Utara. "Nanti kita ke sana," ujar Jokowi. (Sul/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.