Sukses

Polda: Bulan Puasa, Jam Sibuk dan Kemacetan Berubah

Polda memperkirakan bahwa jam sibuk akan sedikit berubah, dari hari biasanya.

Jelang awal puasa yang jatuh pada Rabu 10 Juli 2013, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memprediksi jam-jam sibuk penyebab kemacetan di jalan Jakarta. Polisi memperkirakan jam sibuk di bulan puasa akan sedikit berubah.

Perubahan tersebut disebabkan jam pulang karyawan dan pekerja pada bulan puasa akan lebih cepat dari biasanya.

"Biasanya kemacetan terjadi pada jam menjelang buka puasa, dari sekitar pukul 16.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Kami harap pukul 19.30 WIB, jalanan sudah mulai lancar," kata Kepala Bagian Bina Operasi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, Selasa (9/7/2013).

Diperkirakan kemacetan jelang buka puasa akan terjadi pada minggu pertama puasa. Kemacetan terjadi karena sebagian besar para pekerja ingin meluangkan waktu buka puasa mereka di rumah masing-masing.

Untuk mengantisipasi kemacetan tersebut, polisi telah mempersiapkan sejumlah personel di beberapa lokasi yang rawan kemacetan guna mengatur arus lalu lintas.

Beberapa masjid yang diperkirakan akan menjadi pusat aktivitas masyarakat di bulan puasa juga tak luput dari pengawasan. "Seperti Masjid Istiqlal, Masjid Cut Mutia, Masjid Sunda Kelapa, dan beberapa Masjid lainnya," tambah Budiyanto. (Tnt/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.