Sukses

[GALERI FOTO] Sidang Isbat Putuskan Awal Puasa

Penetapan berdasarkan metode imkanul rukyat itu dilandasi laporan dari 36 orang tim Kementerian Agama di lapangan.

Sidang Isbat yang dipimpin Menteri Agama Suryadharma Ali menetapkan awal Ramadan 1434 H jatuh pada Rabu 10 Juli 2013. Penetapan berdasarkan metode imkanul rukyat itu dilandasi laporan dari 36 orang tim Kementerian Agama di lapangan.

"Untuk itu, kami tetapkan awal 1 Ramadan 1434 H bertepatan dengan hari Rabu, 10 Juli 2013," tegas Suryadharma Ali di kantor Kementerian Agama, kemarin.

Walaupun ada perbedaan dalam penentuan awal puasa, Suryadharma meminta seluruh masyarakat dapat menghormati orang yang mulai berpuasa pada Selasa 9 Juli 2013.

Bagi yang tidak melaksanakan puasa pada 10 Juli, kata Suryadharma, tetap dihormati. "Begitu pula masyarakat harus menghormati mereka," kata Suryadharma usai sidang.

Menurutnya, perbedaan itu disebabkan adanya kriteria penentuan posisi hilal yang masih berbeda-beda. Selama ada perbedaan kriteria hilal itu, lanjut dia, maka penentuan awal Ramadan sangat mungkin berbeda.

Pemerintah selama ini menentukan awal Ramadan dengan metode imkanul rukyat, yaitu metode hilal terlihat jika minimal tingginya 2 derajat. Kriteria ini digunakan oleh Majelis Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS).

Berikut: [GALERI FOTO] Sidang Isbat Putuskan Awal Puasa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.