Sukses

[GALERI FOTO] Korban Gempa Aceh Jalani `Meugang` di Pengungsian

Bencana di Tanah Rencong tak membuat warga melupakan tradisinya. Dengan segala keterbatasan, warga masih dapat menikmati daging sapi.

Sebanyak 40 orang meninggal akibat gempa 6,2 SR yang melanda Aceh pada Senin 1 Juli lalu. Sebanyak 63 orang luka berat masih dirawat di rumah sakit, 2.362 orang rawat jalan, dan pengungsi mencapai 22.125 orang. Kerusakan rumah mencapai 15.919 unit sedangkan 623 unit bangunan fasilitas umum mengalami kerusakan.

Bencana di Tanah Rencong tak membuat warga melupakan tradisinya. Dengan segala keterbatasan, warga masih dapat menikmati daging sapi bersama-sama keluarga dan kerabat dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadan. Tradisi 'Meugang'.

Tradisi itu tak lekang oleh waktu. Sejak turun-temurun, tradisi itu tetap dilakukan. Bahkan tradisi Meugang itu tetap dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Aceh Tengah, meski tengah tertimpa bencana dan berada di lokasi pengungsian Posko Tanggap Darurat Gempa, Desa Rejewali, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah, kemarin.

"Kami tadi dapat bantuan daging (sapi). Tadi pagi disembelihnya," kata Sipah sembari menggoreng daging sapi yang sudah diolah dengan bumbu masakan.

Perempuan berusia 23 tahun itu juga mengatakan, mereka tetap melaksanakan tradisi tersebut tanpa mengenal kondisi. Mengingat mereka masih tinggal di tenda-tenda pengungsian, maka tradisi dilakukan di pengungsian.

"Ya kalau tidak ada musibah ini, biasanya Meugang dilakukan di salah satu rumah kerabat atau keluarga. Di sana kita ngumpul bareng sambil makan daging dipuas-puasin," kata ibu beranak satu itu.

Semua masyarakat Aceh, baik kaya maupun miskin, sangat menantikan hari Meugang ini. Kadang tak jarang, banyak orang rela berhutang demi membeli daging. "Sudah jadi tradisi. Setiap hari Meugang, kami pasti akan mencium bau-bau sedap aroma daging dari setiap rumah warga," ucapnya.

Tradisi Meugang adalah hari bagi masyarakat Aceh untuk menikmati santapan daging lembu atau sapi bahkan kerbau. Biasanya, menjelang hari Meugang tiba, harga daging di pasaran Aceh naik drastis. "Tapi kan kita di sini beri bantuan (daging)," tambah warga lainnya, Rukiyatun sambil tersenyum.

Berikut: [GALERI FOTO] Korban Gempa Aceh Jalani Tradisi Meugang di Pengungsian

(Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.