Sukses

[VIDEO] Astronom ITB Amati Hilal di Bosscha

Pengamatan dilakukan pukul 15:00 WIB dari puncak kubah Boscha dan dari luar ruangan dengan teropong berfilter khusus menghadap matahari.

Sejumlah astronom observatorium Bosscha, Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan pemantauan hilal atau bulan di 8 lokasi pemantauan di seluruh Indonesia. Hasil pengamatan ini akan direkomendasikan pada Kementerian Agama yang selanjutnya akan menjadi bahan pembahasan sidang Isbat untuk menentukan awal bulan puasa.

Dalam tayangan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (8/7/2013), salah satu lokasi pengamatan dilakukan di Observatorium Bosscha di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Bandung, Jawa Barat. Pengamatan dilakukan sejak pukul 15.00 WIB. Pengamatan dilakukan dari puncak kubah Boscha dan dari luar ruangan dengan menggunakan teropong berfilter khusus menghadap matahari saat terbenam.

Hilal merupakan fenomena terlihatnya bulan yang hanya bisa dilihat dari bumi setelah terbenamnya matahari. Hilal juga bisa tidak terlihat karena cuaca mendung. Dengan kondisi cuaca belakangan ini yang kerap hujan dan mendung diperkirakan hilal akan sulit terlihat.

Sementara itu, pemerintah akan menggelar Sidang Isbat untuk menentukan awal Ramadan 1434 Hijriah, petang ini. Acara yang digelar di Kementerian Agama itu dihadiri para pengurus sejumlah organisasi masyarakat (ormas) Islam dan perwakilan negara sahabat. (Adi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini