Sukses

KSAD: TNI AD Tak Bakal Kudeta Presiden Seperti di Mesir

"Yang jelas saya tegaskan TNI AD tidak memiliki tradisi untuk kudeta. Jadi sudah sangat tegas," kata Moeldoko.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jendral Moeldoko menegaskan kudeta yang dilakukan militer Mesir tidak akan terjadi di Indonesia. Sebab, tidak ada sejarahnya TNI AD melakukan kudeta kepada Presiden yang memimpin.

"Yang jelas saya tegaskan TNI AD tidak memiliki tradisi untuk kudeta. Jadi sudah sangat tegas," kata Moeldoko usai acara Silaturahmi TNI AD dengan beberapa tokoh masyarakat di Balai Kartini, Jakarta, Senin (8/7/2013).

Moeldoko mengatakan, selama di bawah kepemimpinannya jangan pernah berharap TNI AD akan melakukan kudeta kepada Presiden.

Menurut dia, tugas utama TNI adalah mengamankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Oh, tidak akan, jangan berharap untuk itu (kudeta)," tegasnya.

Militer Mesir menggulingkan Presiden Mohammed Morsi. Transisi politik ini diumumkan Kepala Militer Abdel Fattah al-Sisi setelah bertemu dengan sejumlah pemimpin politik, pemimpin agama, dan pemimpin muda.

"Dalam pertemuan telah disepakati peta jalan untuk masa depan yang menyangkut langkah-langkah awal untuk mencapai pembangunan masyarakat Mesir yang kuat dan kohesif dan tidak mengecualikan siapa pun dan mengakhiri ketegangan dan perpecahan," kata al-Sisi seperti dikutip Reuters, Rabu 3 Juli lalu. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini