Sukses

Gempa Malang, Warga di Rumah Sakit Berhamburan

Akibat gempa, warga yang berada di dalam rumah sakit juga keluar dari gedung.

Gempa 5,9 skala Richter mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, di kedalaman 10 kilometer, Senin (8/7/2013), pukul 09.13 WIB. Akibat gempa, warga yang berada di dalam rumah sakit juga keluar dari gedung.

"Di Bondowoso gempa terasa cukup kuat selama 5 detik. Masyarakat yang di gedung RS Bondowoso segera keluar gedung. Tidak ada kerusakan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/7/2012).

Episentrum gempa berada pada koordinat 9,16 Lintang Selatan dan 113 Bujur Timur. Pusat gempa berada di Samudera Hindia yaitu 112 km Tenggara Malang, 114 km Barat Daya Lumajang, 130 km Barat Daya Jember, atau 202 km Tenggara Surabaya.

Di Jember, gempa dirasakan cukup kuat selama 5 detik. Menurut Sutopo, masyarakat sebagian keluar rumah. Tidak ada laporan kerusakan dan korban jiwa akibat gempa Malang. "Gempa tidak berpotensi tsunami. Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa ke beberapa daerah," jelas Sutopo.

Gempa Malang juga terasa hingga Surabaya, dan Bali. Bahkan akunt Twitter @kelilinglombok mengaku gempa juga dirasakan hingga Lombok, Nusa Tenggara Barat. (Ism/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini