Sukses

Pusat Gempa 5,9 SR Malang di Lempeng Hindia Australia dan Eurasia

Tidak ada laporan korban jiwa dan kerusakan yang ditimbulkan di kota Malang.

Gempa 5,9 skala Richter mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, di kedalaman 10 kilometer, Senin (8/7/2013), pukul 09.13 WIB. Tidak ada laporan korban jiwa dan kerusakan yang ditimbulkan di kota Malang. Pusat gempa yang berada pada koordinat 9,16 LS, 113,00 BT sudah diketahui asalnya.

"Sumber gempa berada di bagian dalam zona subduksi atau pertemuan lempeng tektonik antara lempeng Hindia Australia dan Eurasia," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Senin (8/7/2012).

Pusat gempa berada di Samudera Hindia yaitu 112 km Tenggara Malang, Jawa Timur; 114 km Barat Daya Lumajang, 130 km Barat Daya Jember atau 202 km Tenggara Surabaya.

Kendati begitu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malang masih melakukan pengecekan ke bagian selatan. Dari BPBD Malang, kata Sutopo, dilaporkan gempa terasa sedang selama 3-5 detik.

"Lampu di dalam gedung bergoyang. Tidak ada kerusakan di Kota Malang," jelas Sutopo.

Berdasarkan peta guncangan gempa menunjukkan intensitas gempa dirasakan lemah atau III MMI di selatan wilayah Jawa Timur. "Masyarakat sebagian keluar rumah." (Ism/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini