Sukses

Menteri asal PKS Dampingi SBY ke Aceh

Selain Mensos Salim Segaf Al Jufri, Menkes Nafsiah Mboi, dan Menkokesra Agung Laksono akan ikut rombongan juga.

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II direncanakan ikut rombongan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan berkunjung ke lokasi gempa di Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, Selasa 9 Juli 2013 lusa. Lokasi yang dikunjungi adalah Kecamatan Ketol, Aceh Tengah, karena mengingat kecamatan itu adalah lokasi yang terdampak terparah gempa berkekuatan 6,2 skala Richter, Selasa 2 Juli 2013 lalu.

"Beberapa menteri terkait akan ikut rombongan Presiden," kata Komandan Korem 011/LW, Kolonel Infantri Hipdizah di Media Centre Posko Terpadu, Kabupaten Bener Meriah, Minggu (7/7/2013).

Menteri terkait yang direncanakan ikut di antaranya Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, dan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono. Termasuk, Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri adal Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Tapi belum pasti. Masih direncanakan. Info yang kami terima ada 6 menteri dan 1 wamen," imbuh Hipdizah,

Ia menjelaskan rombongan Presiden diperkirakan berjumlah 44 orang. Rombongan itu akan bertolak dari Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur dan mendarat di Bandara Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh. Dari Malikessaleh, rombongan akan menggunakan helikopter dan mendarat di Helipad buatan di sebuah lapangan di Desa Rejewali, Ketol.

"Jadi kita siapkan 7-8 Helikopter," ujarnya.

Agenda pertama SBY dan rombongan akan mengunjungi Posko Pengungsian di Desa Rejewali. Lalu mengecek ke Desa Serempah, Ketol, yang menjadi salah satu lokasi paling parah kerusakannya. Setelah itu, jika kondisi memungkinkan, SBY dan rombongan akan langsung pulang ke Jakarta. Namun, jika cuaca kurang bagus, mereka akan menginap di Aceh Tengah.

"Tergantung cuacanya bagaimana nanti," ujar Hipdizah.

Sebelum gempa berkekuatan 6,2 SR, Selasa 2 Juli 2013 lalu, partai koalisi yang tergabung dalam Sekretariat Gabungan (Setgab) mengaku gerah dengan sikap PKS yang menolak pengesahan RUU APBNP 2013 dalam sidang paripurna DPR beberapa waktu lalu. PKS yang tergabung dalam koalisi dengan tegas menolak rencana kenaikkan BBM bersubsidi dan pemberian dana kompensasi seperti Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

Sejumlah partai anggota Setgab pun berang dan minta agar PKS yang punya 3 kursi menteri tahu diri dan hengkang dari kabinet. SBY juga pernah memberlakukan larangan para menteri berkunjung ke luar negeri. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.