Sukses

Ke Lokasi Gempa, SBY Pakai Helikopter dari Lhokseumawe

Presiden SBY direncanakan akan mengunjungi Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah selasa besok.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono direncanakan akan mengunjungi Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh pada Selasa 9 Juli 2013 lusa. Ketol adalah salah satu lokasi dampak terparah akibat guncangan berkekuatan 6,2 skala Richter pada Selasa 2 Juli 2013 lalu.

Komandan Korem 011/LW Kolonel Infantri Hipdizah menjelaskan, mekanisme rute kunjungan SBY masih belum pasti. "Masih dirapatkan malam ini," kata Hipdizah di Media Centre Posko Terpadu, Kabupaten Benermeriah, Aceh, Minggu (7/7/2013).

Namun yang jelas, SBY akan terbang dari Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur dan akan mendarat di Bandara Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh. Dari sana SBY akan terbang dengan Helikopter.

"Kita sudah siapkan Helipad di lapangan di Desa Rejewali, Kecamatan Ketol," ungkap Hipdizah.

Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter disertai 2 kali gempa susulan mengguncang Kabupaten Benermeriah dan Kabupaten Aceh Tengah. Gempa juga menyebabkan tanah di sekitar lokasi menjadi longsor.

Akibat gempa dan longsor, 5 kecamatan di Aceh Tengah mengalami kerusakan terparah, yakni Kecamatan Ketol, Kecamatan Celala, Kecamatan Kute Tanang, Kecamatan Bebbesan, dan Kecamatan Kebayakan.

Sementara kerusakan terparah di Kabupaten Benermeriah terjadi di 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Timang Gajah, dan Kecamatan Weh Pesam. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Aceh

  • SBY