Sukses

SBY Kunjungi Lokasi Terparah Gempa Aceh Selasa

Lokasi yang akan dikunjungi SBY adalah Kecamatan Ketol yang menjadi salah satu lokasi dampak gempa terparah.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berencana mengunjungi korban gempa di Kabupaten Aceh Tengah. Lokasi yang akan dikunjungi SBY adalah Kecamatan Ketol yang menjadi salah satu lokasi dampak gempa terparah di Kabupaten Aceh Tengah.

Menurut Komandan Korem 011/LW, Kolonel Infantri Hipdizah, SBY akan mengunjungi Ketol pada Selasa 9 Juli 2013 mendatang. "Tidak jadi Senin. Fix, Pak Presiden (SBY) datang Selasa," kata Hipdizah di Media Centre Posko Peduli, Kabupaten Bener Meriah, Minggu (7/7/2013) sore.

SBY awalnya direncanakan akan mengunjungi lokasi dampak gempa pada Senin 8 Juli 2013. Namun, Hipdizah sendiri tidak mengetahui alasan perubahan kunjungan itu.

"Alasannya saya tidak tahu. Kami di sini hanya menerima dan menyiapkan segala keperluannya," ujar Hipdizah.

Gempa berkekuatan 6,2 skala Ritcher disertai 2 kali gempa susulan mengguncang Kabupaten Benermeriah dan Kabupaten Aceh Tengah. Gempa juga menyebabkan tanah di sekitar lokasi menjadi longsor.

Akibat gempa dan longsor, 5 kecamatan di Aceh Tengah mengalami kerusakan terparah, yakni Kecamatan Ketol, Kecamatan Celala, Kecamatan Kute Tanang, Kecamatan Bebesen, dan Kecamatan Kebayakan. Sementara kerusakan terparah terjadi di Kabupaten Benermeriah terjadi di 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Timang Gajah, dan Kecamatan Weh Pesam. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • SBY

  • Aceh

Video Terkini