Sukses

Gempa Aceh, Belasan Rumah di Desa Serempah Jatuh ke Sungai

Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang 2 kabupaten di Provinsi Aceh pada Selasa 2 Juli lalu. Banyak desa di 2 kabupaten itu mengalami kerusakan sangat parah. Salah satunya Desa Serempah, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah.

Gempa itu tak hanya merobohkan bangunan-bangunan, tapi juga melongsorkan jalan yang menghubungkan Desa Serempah dengan Desa Kuyang. Pantauan Liputan6.com, Sabtu (6/7/2013), jalan yang bisa dilalui runtuh akibat tanah di bawahnya longsor ke sungai yang mengalir tak jauh darinya.

Nahasnya, di sebelah kanan jalan, tepat di pinggir jurang sungai terdapat rumah-rumah warga yang ikut runtuh ke dasar sungai saat gempa terjadi.

Jarak dari Desa Serempah ke dasar sungai mencapai lebih dari 500 meter. Sementara di dasar sungai terdapat puing-puing bekas bangunan rumah luluh lantak bersama tanah-tanah longsoran.

"Ada 11 rumah di sini. Longsor semua ke bawah," kata Muhammad Amin (30), warga setempat.

Dijelaskannya, rumah-rumah itu memang cukup dekat dengan bibir tebing sungai. Sementara struktur tanah di bawahnya tidak cukup kuat saat gempa terjadi.

Sementara itu, Kepala Safety Officer Basarnas untuk Desa Serempah, Agolo menjelaskan, di desa ini terdapat korban jiwa. Diduga, ada 11 warga yang tertimbun di longsoran dasar sungai.

"Empat sudah kita temukan. Sisanya masih kita cari," kata Agolo. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini