Sukses

Korban Meninggal Gempa Aceh Bertambah 1 Jadi 36 Orang

Hingga 5 hari pascagempa bumi 6,2 SR yang terjadi di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah Provinsi Aceh saat ini tercatat 36 korban jiwa.

Hingga 5 hari pascagempa bumi 6,2 skala Richter yang terjadi di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah Provinsi Aceh saat ini tercatat 36 korban jiwa.

"Data sementara warga yang meninggal dunia berjumlah 36 orang," kata Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial Margo Wiyono yang dihubungi dari Surabaya, Sabtu (6/7/2013).

Sebelumnya jumlah korban tercatat 35 orang meninggal, 8 hilang, 275 orang luka-luka, 4.292 rumah rusak, dan 83 bangunan fasilitas umum rusak.

Margo Wiyono yang saat ini sedang menghadiri rapat koordinasi penanganan gempa Aceh di Pendopo Bupati Bener Meriah juga mengatakan, 234 orang luka-luka akibat gempa yang terjadi Selasa 2 Juli lalu.

Dinas Sosial Provinsi Aceh, lanjut dia, membuka 8 titik dapur umum untuk melayani kebutuhan makanan pengungsi korban gempa bumi di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah. Rinciannya, 6 di Aceh Tengah dan 2 di Kabupaten Bener Meriah.

Kementerian Sosial juga mengerahkan 220 anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk membantu para korban gempa.

Gempa bumi yang melanda dataran tinggi Gayo itu menyebabkan kerusakan yang parah terutama di Kabupaten Aceh Tengah yaitu dari 14 kecamatan, 12 di antaranya terkena dampak gempa.

Di Kabupaten Bener Meriah, dari 10 kecamatan hanya 5 kecamatan yang rusak parah akibat gempa bumi.

Upaya penanganan tanggap darurat gempa Aceh terus dilakukan hingga sekarang. Evakuasi dan penyelamatan korban serta layanan kesehatan dan pemenuhan kebutuhan pangan korban gempa menjadi fokus utama. (Ant/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Aceh

  • Gempa Aceh

Video Terkini