Sukses

Akibat Gempa Aceh, Desa Serempah Amblas

Diperkirakan terdapat 7 orang yang tertimbun bersama rumah.

Sebagian Desa Serempah, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, yang berada di kaki gunung amblas saat terjadi gempa berkekuatan 6,2 skala Richter, Selasa 2 Juli lalu. Diperkirakan terdapat 7 orang yang tertimbun bersama rumah.

Desa Serempah dan Desa Bah merupakan lokasi yang paling parah terkena gempa, karena selain langsor, rumah warga banyak yang rusak. Secara keseluruhan musibah yang paling terparah di Aceh Tengah ada di Kecamatan Ketol, karena hampir 90% rumah warga rusak parah dan tidak bisa ditempati lagi.

Menurut Bupati Aceh Tengah Nasaruddin, warga di dua desa itu akan direlokasi, karena desa sudah tidak layak dijadikan pemukiman. "Kami  menilai titik terparah dampak gempa yakni Desa Serempah tidak lagi layak untuk menjadi tempat tinggal penduduk," kata Nasaruddin, Sabtu (6/7/2013).

Tim relawan kini kembali melakukan pencarian korban yang tertimbun longsor. Alhariri, relawan Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri yang berada di lokasi, Sabtu mengatakan, selain pihaknya, relawan dari TNI dan Polri serta SAR sudah berada di kawasan longsor dengan dibantu 2 alat berat dan anjing pelacak.

Disebutkan, pencarian tersebut tetap dilanjutkan, karena diduga masih ada korban yang tertimbun, setelah sehari sebelumnya ditemukan mayat anak-anak.

Ia menyatakan, pencarian kali ini akan lebih mudah, karena sudah ada alat berat, sehingga memudahkan untuk menggali tanah dan bangunan yang longsor ke sungai.

Bantuan dari berbagai pihak, baik pemerintah, maupun swasta dan masyarakat terus mengalir dan dikumpulkan di posko bantuan. PT Pertamina Aceh yang juga memberi bantuan akan menyalurkan kepada korban yang turut dibantu oleh relawan Senkom Mitra Polri.

"Bantuan itu, akan kita fokuskan pada daerah yang selama ini tidak terjangkau oleh pemerintah," ujar Ketua Senkom Mitra Polri, Bener. (Ant/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.