Sukses

[VIDEO] Mentan Suswono Datang, Pembagian BLSM Ditunda

Penerima BLSM di Kantor Pos Bogor Selatan, harus menunggu lebih lama dari semestinya karena menunggu kedatangan Menteri Pertanian.

Kesemrawutan dalam antrean untuk mendapatkan dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) masih terus terjadi. Seperti para penerima BLSM di Kantor Pos Bogor Selatan, Bogor, Jawa Barat, harus menunggu lebih lama dari semestinya, Jumat (5/7/2013).

Pembagian BLSM di kantor pos ini mendadak ditunda sekitar 2 jam hanya karena Menteri Pertanian Suswono akan datang. Menteri Suswono memang terlambat datang dari jadwal semula karena harus ikut menyambut Perdana Menteri Australia Kevin Rudd di Istana Bogor.

Pada kesempatan itu Suswono mengakui sebagian BLSM diterima pihak yang sebenarnya tidak berhak. "Bagaimanapun juga (data penerima) harus di-update, kan kriterianya sudah ada," ujar Suswono.

Menanggapi banyaknya kasus penerima BLSM yang salah sasaran, Menteri Pertanian mengaku akan berusaha melakukan pengecekan ke lapangan, termasuk distribusi beras miskin. Suswono mengimbau warga yang sudah sejahtera namun mendapat BLSM agar dengan kesadaran sendiri mengalihkan dana BLSM kepada warga yang lebih berhak.

Sementara di Karawang, Jabar, sejak Jumat pagi ribuan warga Kelurahan Adiarsa, Kecamatan Telukjambe, sudah antre. Karena begitu banyak warga saling berdesakan demi dana BLSM sebesar Rp 300 ribu. Petugas sempat kewalahan mengatur warga. Lantaran terlalu lelah seorang nenek nyaris jatuh pingsan.

Ironisnya, beberapa orang warga yang mengenakan perhiasan emas dan telepon genggam ikut antre. Bahkan ada yang datang dengan mobil pribadi. Di lain sisi, banyak warga miskin justru tidak terdata sebagai penerima BLSM. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini