Sukses

[VIDEO] Pengungsi Gempa Aceh Mulai Terserang Penyakit

Mereka berobat ke posko kesehatan meski obat-obatan yang diperlukan belum lengkap.

Setelah diguncang gempa 6,2 skala richter, Desa Serampah, Kecamatan Ketol, Kabupaten Bener Meriah kini seperti tak berpenghuni. Yang tersisa hanya puing-puing reruntuhan bangunan tanpa ada pemiliknya. Tampak yang bertahan hanya ternak peliharaan yang mencari makan sendiri.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Sabtu dini hari (6/7/2013) memberitakan, desa ini tergolong parah diguncang gempa karena berada di pusat gempa. Hampir sebagian besar bangunan sudah rata dengan tanah. Apalagi setelah gempa berlalu, bencana longsor langsung mengiringi karena posisinya yang berada di bibir jurang.

Akibatnya, sebanyak 11 warga desa ini meninggal dunia. 8 Di antaranya masih belum ditemukan. Warga berharap, tim SAR segera menemukan 8 jasad korban yang tertimbun longsor.

Kini seratus lebih penghuni desa ini trauma karena kuatnya guncangan yang dirasakan. Mereka memilih tinggal sementara di tenda darurat dengan kondisi seadanya.

Namun, setelah 4 hari berada di tenda, sebagian pengungsi mulai diserang penyakit. Yang diserang tak hanya anak-anak, juga ibu-ibu dan usia lanjut. Mereka berobat ke posko kesehatan meski obat-obatan yang diperlukan belum lengkap.

Sementara itu, tim relawan bersama anggota TNI dan Polri sudah mulai membersihkan puing-puing reruntuhan bangunan. Karena belum ada alat berat, pembersihan puing dilakukan dengan peralatan sederhana. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Pengungsi

  • Aceh

Video Terkini